Friday 23 November 2018

Cara mudah membuat Bootable usb flashdisk windows 10 dengan rufus.

Untuk membuat bootable usb flashdisk windows 10 dengan rufus, kita harus menyiapkan beberapa bahan-bahannya. Okeh sebelumnya melanjutkannya, kita akan membahas apa itu Bootable ?

Bootable menurut pengertian saya pribadi, memasukan file Boot agar suatu proses installasi dapat berjalan dengan media bisa menggunakan usb flashdisk, CD, DVD atau perangkat lainya.

Baca :


Membuat Bootable Usb flashdisk Windows 10 dengan rufus, itu hampir sama kita membuat usb Bootable dari windows 7,8 ataupun operasi sistem lainya seperti distro linux.

Ada Beberapa bahan yang harus di siapkan yaitu :
  • File Iso Windows 10, inget harus berbentuk iso, silahkan bisa di download di situs resminya dengan versi Windows 10 LTS. Download Versi 32 bit, untuk 64 bit silahkan link berikut 
  • Aplikasi rufus, bisa di download link berikut https://rufus.ie/id_ID.html
  • USB flashdisk minimal 8GB, terserah mau merek apa, yang penting  masih bagus.
  • Laptop juga untuk membuat Installasi Bootable Windows


Ok berikut panduan Tutorial cara membuat bootable usb flashdisk windows 10, 7, 8, dengan menggunakan rufus :
Bootable USB Windows 10 Rufus
Bootable USB Windows 10 Rufus

Buka aplikasi rufusnya
  1. Pada device pilih path file flashdisk yang ingin dibuat, bisa di E: D: atau F:
  2. Partition schema, pilih MBR partition Schema for Bios or Uefi,  karena hardisk kita format mbr, tapi untuk laptop yang terbaru sudah support UEFI, silahkan pilih GPT for Schema For UEFI, tetapi ingat untuk yang GPT, hardisk juga harus format GPT dan bios support UEFI.
  3. Langsung kita pilih file isonya saja di gambar icon seperti cd, click dan pilih lokasi file Windows yang iso sudah di download
  4. Kemudian Click Start, akan membutuhkan proses kira-kira 10-15 menit

Ok, terima kasih berikut Tutorial mudah membuat bootable USB flashdisk windows 10 dan bisa di gunakan Windows 7,8 atau linux.
Jika ada masalah silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.