Wednesday 21 November 2018

Cara memperbaiki file flash disk tidak terbaca (hidden) karena virus

flash disk terkana virus itu merupakan hal yang wajar, karena sebuah flash disk sering di pake, dan selalu pindah colok sana-sini. Tetapi bagaiman kalau sudah terjadi file flash disk yang terkena virus dan data tidak ada. Jika dilihat space atau penggunaan used memory flash disk terbaca di gunakan.
 
flashdisk terkena virus
memperbaiki file flashdisk
File di flashdisk tidak hilang hanya terhidden atau di sembunyikan, dan akan menampilkan hanya shorcut folder saja.

Untuk menangani flashdisk yang sudah terlanjur terkena virus hidden shorcut, santai saja tidak usah terlalu panik, ada beberapa cara dari pengalaman pribadi saya yang sudah tested for me ^_^.

Saya sedikit akan menjelaskan ciri-ciri data file flashdisk yang terkena virus hidden shorcut, yaitu :
  • flashdik dengan folder empty atau folder kosong, flashdisk terdeteksi tapi kosong.
  • ada tulisan aneh atau icon aneh di flashdisk dengan karakter yang tidak bisa dibaca.
Okeh, lalu bagaimana kah solusinya memperbaiki flashdisk yang terkena virus dengan tulisan aneh ?

  • Silahkan lepas terlebih dahulu flash disknya, jika ada antivirus seperti smadav atau yang lain silahkan update terlebih dahulu, dengan cara uninstall dan download file anti virus dari situs remsi yang paling baru.
  • Masukan flashdisknya, jangan langsung di buka, buka menu folder options melalui Control Panel > Appearance and Personalization.> Folder Options > pilih tab menu view seperti gambar berikut :
folder options, file terkena virus
Folder Options, mengembalikan file hidden
  • Pada hidden file and folders pilih Show hidden files, folder and drive,
  • Kemudian unchecklist atau buang tanda ceklist pada hide empty drives, hide extensions, hide folder merge conflict dan hide protected operating system
  • Pada unchecklist hide protected operating system akan warning pilih yes saja,
  • Kemudian pilih appy dan ok.


Buka flash disk lewat my computer drive, di situ akan muncul sebuah folder transparan dan tanpa nama, coba di buka, maka akan terlihat semua file berada di situ.

Okeh langsung saja kembali ke root flashdisk, atau awal tampilan awal flashdisk dibuka, hapus semua file atau folder kecuali folder yang transparan dan tanpa nama yang berisi file.

Setelah terhapus, silahkan masuk ke folder transparan tanpa nama yang berisi file tadi. Silahkan pindahkan semua file atau folder ke root atau tampilan halaman awal flashdisk.

Silahkan di sortir atau filter file atau folder yang dimana mencurigakan, dengan catatan kita tidak pernah membuat atau menyimpan file atau folder tersebut.

Okeh Setelah selesai silahkan buka antivirus yang sudah di download dan di install tadi. Lakukan scan custom terutama pada drive flashdisk tadi.

Dan untuk kita menghindari agar tidak terjadi kasus yang semula, maka ada beberapa tips yang perlu di lakukan yaitu :

  • Silahkan update antivirusnya agar tidak terjadi kadaluarsa. Dan ini penting sekali.
  • Dan untuk berjaga-jaga saat dapat flashdisk dari teman, orang atau keluarga, scan dengan antivirus terlebih dahulu dengan antivirus sebelum dibuka.

Terimakasih semoga membantu, Berikut beberapa tips memperbaiki data file flashdisk yang tidak bisa di buka, tidak tebaca dan di sembunyikan karena virus.