Friday 30 November 2018

Apa itu Root pada HP Android ? Cara Root Andorid dan kelebihan, kekurangan Root ?

Okeh pada kali sahabat andropick akan menjelaskan Apa itu Root ? Cara melakukan Root ? Kelebihan dan kekurang melakukan ?. Jadi bagi sahabat andropick ini bisa menjadi suatu pandangan tentang melakukan Root pada ponsel Android kita.

ROOT ANDROID
ROOT ANDROID

Pengertian Apa itu Root ?

Root pada HP Smartphone Android adalah mengizinkan atau mengambil hak akses penuh pada 
sistem android agar dapat di modikasi dengan keuntungan dan kekuranganya. Pada sistem IOS sendiri proses root di kenal dengan nama Jailbreak.

Tentu Sistem Smartphone android ini menggunakan base Sistem Operasi yaitu Linux. Bagi yang pernah menggunakan sistem operasi linux di komputer atau laptop kalian pasti tidak asing lagi dengan Root ini.

Segala aktifitas yang berhubungan dengan root atau rooting tentu mempunyai kelebihan dan kekuranganya. Dan bahkan dari kekurangan tersebut bisa menjadi kelebihan ataupun sebaliknya.

Sebelum menjelaskan Bagaimana kekurangan atau bahaya root dan manfaat kelebihan melakukan root ini. Tentu kita saya akan mejelaskan Bagaimana melakukan root itu sendiri ?

Cara Root Pada Android ?

Untuk melakukan Root ada beberapa tool dan software yang di gunakan. Bahkan ada cara melakukan Root dengan memakai PC yaitu komputer atau laptop, atau bahkan tanpa pc sekalipun. Melakukan Root dari berbagai jenis Smartphone android tentu mempunyai cara berbeda-beda tergantung chipset cpu android yang di pakai.

Ada tools seperti Kingroot apk, Root Genius apk, Root master apk, Baidu Root apk, iroot apk dan lain-lain. Menggunakan tool berikut ada cara root yang bisa digunakan tanpa pc, Yaitu instant Root dengan satu kali klik saja, aplikasi pihak ke 3 ini akan membantu proses rooting pada device android kita.

Sedangkan untuk root menggunakan PC komputer atau laptop. tentu cara ini biasanya hampir sama ketika melakukan flash android smartphone kita. Tentu cara ini harus di lakukan dengan tutorial atau panduan yang benar-benar valid. Karena berisiko sekali jika gagal bisa mengakibatkan ponsel android anda bootlop. Silahkan masuk forum atau group resmi baik di facebook, google plus, atau yang lain. Dan juga harus mencari tutorial yang benar-benar tested.

Kelebihan Dan kekurang Root Pada Android ?

Sebagai seorang opreker sejati pasti kita harus paham tentang kondisi ponsel android kita ketika sudah melakukan rooting baik dari segi kelebihan dan kekurangan root itu sendiri. 

Kelebihan melakukan Root pada Android yaitu :
  • Dapat modifikasi software baik firmware atau rom sekalipun, sesuai keinginan kita seperti tampil awal boot animasi, penempatan icon, tema dan lain-lain.
  • Memaksimalkan Perangkat device hardware pada ponsel android kita. Root dapat memaksimalkan perangkat device kita seperti GPU, atau yang lainya. Dan istilah ini biasa di kenal overclocking. 
  • Mengatur Wadah space atau penyimpana baik file atau aplikasi baik di memory internal atau eksternal.
  • Membuat Extend partisi, Sistem smartphone android dengan sistem base linux hampir sama dengan seperti Sistem pada Komputer atau laptop. Kita bisa membuat partisi penyimpanan file  dengan menambah lewat memory ekternal. Dan juga membuat Ram Swap untuk membantu proses sitem.
  • Dan tentu masih banyak lagi yang lainya. Bagi yang ingin menambahkan Silahkan tinggal jejak di kolom komentar.

Adapaun kekurang dari Root sendiri seperti Berikut :

  • Proses Root dapat menghilangkan garansi smartphone. Beberapa jenis vendor smartphone telah memberi warning keras. terhadap proses root ini.
  • Root tidak bisa mendapat update automatis dari firmwarenya. Ada beberapa vendor Smartphone juga menghentikan proses update resmi dari vendornya karena proses root ini.
  • Bagi pengguna Root yang tidak tahu tentang kondisi Androd baik dari segi software dan hardware dapat merusak ponsel android itu sendiri. Seperti Overclocking yang berlebihan dan lain-lain.
Okeh terinma kasih berikut penjelasan sahabat andropick tentang Root dari mulai pengertian apa itu root, cara melakukan root sampai kelebihan dan kekurangnya. Semoga ini bermanfaat untuk sahabat androick dan menjadi pandangan yang lebih tentang melakukan root ini.